Tentang OS Fuchsia terbaru dari Google

TemanTekno - Berbicara tentang Fuchsia OS terbaru dari Google. Ya jika bicara tentang Google memang tidak ada habisnya, Raja internet dunia ini memang selalu saja membuat inovasi di bidang teknologi yang membuat konsumen di seluruh dunia seakan dibuat manja olehnya.


Apa itu OS Fuchsia ?
Baru - baru ini terendus dari sebuah situs GitHub, bahwa Google akan merilis Sistem Operasi (OS) Fuchsia yang bisa dijalankan disemua device dan menjadi Sistem Operasi yang mendukung sistem IoT (Internet of Thing).
Memang rincian informasi tentang Sistem Operasi Fuchsia masih kurang, namun Sistem Operasi (OS) ini tidak didasarkan pada kernel Linux dan harus mempertahankan beberapa fitur visual dari Platform Android.

Hal yang mencolok dari Sistem Operasi (OS) ini adalah menjadi Sistem Operasi pertama yang tidak didasari dengan Linux. Berbeda dengan Sistem Operasi buatan Google sebelumnya Seperti Android, Chrome OS, Chromecast.

Google sampai saat ini masih secara diam-diam mengembangkannya.


Mengapa bernama Fuchsia ?
Fuchsia sebenarnya adalah nama bunga yang memiliki warna Pink dan Ungu.
Entah mengapa Google memilih nama ini. Namun ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa OS Fuchsia ini adalah gabungan dari Android dan Chrome OS.



OS baru ini akan gunakan "Magenta" kernel yang didasarkan pada "Little Kernel" proyek. Magenta sedang dirancang untuk bekerja pada berbagai skala besar, yang nantinya memnungkinkan penggunaan kernel ini di Smartphone dan Komputer desktop. Fuchsia juga nantinya akan memiliki antarmuka yang mirip seperti Android.
Diketahui bahwa Sistem Operasi tersebut mendukung Processor dengan arsitektur 32-bit, ARM 64-bit dan 64-bit PC.
Fuchsia juga diberitakan adalah salah satu proyek Google untuk menjadi kompetitor pasar dari Windows 10 milik Microsoft yang juga memiliki persamaan dengan OS Fuchsia dari Google ini, karena keduanya dapat dioperasikan diberbagai macam device.

Apa Tujuan dikembangkan OS Fuchsia ?
Proyek ini menembus semua bidang penelitian perusahaan. Sehinga Fuchsia hanya menjadi eksperimen lain yang digunakan Google baik untuk memajukan produk - produk lainnya atau bisa menjadi sebuah brand itu sendiri.
OS Fuchsia menggunakan Material Design seperti Android yang berbasiskan Flatter. Bahasa pemograman utama yang digunakan adalah Dart.
Semoga saja Sistem Operasi ini bisa menjadi sangat berguna nantinya.

SHARE

About Danang Aji

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar