Manfaat dan Keunggulan Teknologi Blockchain

TemanTekno - Mungkin dari kita masih banyak yang bertanya apa sih manfaat dan keunggulan teknologi Blockchain itu ? Dan saya yakin ada juga yang belum mengenal teknologi Blockchain ini. Mari kita simak manfaat dan keunggulan teknologi Blockchain berikut.

Apa itu Blockchain ?
Blockchain bisa dikatakan sebagai buku besar yang berbentuk digital dan fungsinya untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi, untuk menyimpan data dan memverifikasi integritas yang dikemas didalam blok. Blockchain ini pertama kali digunakan untuk setiap transaksi Bitcoin. 


Keunikan Blockchain adalah tidak dikelola oleh satu organisasi atau pihak tertentu melainkan oleh setiap komputer di seluruh dunia yang menggunakan teknologi ini dan ini disebarluaskan kepada publik sehingga bebas melihat isi catatan-nya setiap saat.

Bagaimana Blockchain bekerja ?



Manfaat dan keunggulan mengunakan teknologi Blockchain ?
1. Sebagai sistem buku umum yang berguna untuk mencatat dan memvalidasi setiap transaksi yang dilakukan. Hal itu membuat Blockchain aman dan terpercaya.

2. Teknologi ini tanpa membutuhkan pihak ketiga atau terpusat untuk transaksi peer-to-peer.

3. Semua transaksi dilakukan secara berwenang. Hal itu membuat transaksi berubah dan mencegah dari ancaman hacking.

4. Desentralisasi ini memungkinkan dapat membuat jaringan luas dan aman tanpa ada titik kegagalan.

Penggunaan Blockchain dapat untuk apa saja ?
Seperti yang dikutip dari Unichange.me, Sejauh ini penggunaan teknologi Blockchain sedang diuji coba dalam berbagai hal. Diantaranya sebagai berikut.

1. Sektor Keuangan
Saat ini banyak Bank mulai melakukan eksplorasi Blockchain agar dapat melakukan sitem keuangan secara cepat dan transparan

2. Media
Teknologi Blockchain dapat menjamin perlindungan Hak milik atau Intellectual Property Rights untuk produk kreatif digital seperti musik dan gambar.

3. e-Voting
Sekarang ini banyak organisasi dan partai politik bermunculan yang mengusulkan terciptanya sistem yang berbasis Blockchain untuk membuat voting yang lebih adil, lebih transparan dan sekaligus menghindari kecurangan.

4. Travel
Blockchain dapat secara signifikan meningkatkan akuntansi untuk perusahaan perjalanan dengan melacak transaksi di beberapa negara dan mata uang yang digunakan.

5. Kesehatan
Sebagai media untuk menyimpan catatan kesehatan dan agar lebih mudah bagi pasien berbagi catatan dengan berbagai penyedia sambil menjaga kontrol dari catatan.

6. Pendidikan
Teknologi ini dapat meminimalisir kasus penipuan dan pemalsuan dokumen (ijazah, sertifikat dan sebagainya).

7. Penyimpanan File
Teknologi ini akan menghapus kebutuhan untu database terpusat dan area penyimpanan yang besar sehingga lebih praktis.

8. Smart Contract
Kita bisa manfaatkanjaringan desentralisasi yang terdapat di Blockchain untuk mengkonfirmasi bahwa kontrak dieksekusi dengan baik, tanpa mengungkapkan informasi rahasia tentang pihak atau transaksi.
9. Manajemen Identitas
Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat identitas asli didalam dokumen  dengan tujuan peningkatan keamanan.

10. Sektor Publik
Blockchain memiliki potensi untuk membantu meningkatkan kegiatan pemerintah. Diantaranya untuk mengeluarkan paspor, mengumpulkan pajak, pendataan dokumen kepemilikan tanah, mencatat kelahiran dan kematian dan menjamin integritas semua catatan dan jasa pemerintah.

Inti dari penerapan teknologi ini adalah menghapus kecurangan yang biasanya terjadi pada sistem manual.
Harapan saya semoga pemerintah agar segera menerapkan teknologi ini di sistem pemerintahannya untuk mencegah hal yang menghambat dalam menjalankan sistem pemerintahan.


SHARE

About Danang Aji

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar